jump to navigation

Shukatsu Bagian 1 : recruiter dan situs-situs shukatsu November 24, 2013

Posted by mbintanghp in 'curhat', study, work.
Tags: , , , , , ,
trackback

ehm!!,,
.
sekarang saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya ketika melakukan shukatsu (mencari kerja) di Jepang ini. banyak yang ingin saya tulis, namun untuk postingan pertama ini saya akan berbagi info soal beberapa recruiter dan situs yang saya pergunakan selama shukatsu kemarin.
.
Top Career (http://www.topcareer.jp/2015/main/)
Top Career ini adalah recruiter yang bekerja sama dengan banyak perusahaan-perusahaan besar Jepang yang antusias dalam merekrut mahasiswa asing. Biasanya mereka mengadakan pameran bursa kerja khusus untuk mahasiswa asing di Tokyo dan di Kansai, dengan mereka mengiklankannya sebagai pameran bursa kerja terbesar bagi mahasiswa asing. Selain itu juga mereka mengadakan acara-acara persiapan shukatsu seperti seminar dan latihan wawancara. Mereka bisa kita hubungi langsung bila kita ingin melakukan konsultasi pribadi.
.
ASEAN Youth Network in Japan ini anggotanya (tampaknya) adalah para mahasiswa-mahasiswi ASEAN sendiri. Pameran bursa kerja yang diadakan pun khusus diperuntukkan bagi mahasiswa ASEAN. Mereka mengadakan pameran dan juga seminar persiapan shukatsu bekerja sama dengan badan Intelligence.
.
NAP (http://www.nap-net.jp/)
Sebuah situs yang saya temukan secara tidak sengaja ketika sedang berkeliling di dunia maya mencari informasi seputar shukatsu. Awalnya saya kira badan ini hanyalah ikatan para veteran dunia kerja (kalau tidak mau disebut pensiunan) dari perusahaan-perusahan besar, yang secara sukarela memberikan bantuan kepada para mahasiswa asing yang sedang ber-shukatsu, seperti mengoreksi entry sheet, memberikan latihan wawancara, dan memberikan nasihat-nasihat lain seputar shukatsu. Sesi konsultasi yang mereka adakan pun satu lawan satu jadi kita lebih leluasa untuk bertanya ataupun bercerita kepada “mentor” kita.
Namun ternyata mereka juga recruiter yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan dalam merekrut mahasiswa asing. Koneksi mereka mungkin tidak sebanyak Top Career namun ada perekrutan yang akan menguntungkan bagi kita mahasiswa asing jika kita melamar melalui NAP ini. Contohnya adalah Hitachi (日立製作所) yang hanya sdikit menerima pegawai baru di luar jalur rekomendasi kampus, namun melalui NAP ini saya bisa tetap bisa melamar ke Hitachi. Kebetulan Hitachi ini bukan pilihan nomor satu saya dulu sehingga jatah rekomendasi kampus bisa saya gunakan untuk perusahan yang lain.
.
Originator (http://www.originator.co.jp/) dan Intelligence (http://saiyo.inte.co.jp)
Walaupun sebenarnya kedua recruiter ini bukanlah pemain besar, bagi saya keduanya sangat berjasa bagi saya. Saya baru mengetahui tentang recruiter ini di tengah-tengah proses shukatsu. Saya diberitahu mengenai Originator oleh teman saya sementara saya mengetahui tentang Intelligence ketika saya ingin mencoba melamar ke sebuah perusahaan. Saya mulai berkorespondensi dengan staf dari kedua recruiter ini di saat saya sedang cukup patah semangat gara-gara ketika itu baru saja dinyatakan tidak lolos wawancara terakhir untuk yang ketiga kalinya, terlebih lagi kali ini adalah perusahaan dengan bidang pekerjaan pilihan nomor satu saya. Mendengar hal tersebut mereka berusaha membantu mengumpulkan semangat saya kembali, dan tidak hanya itu mereka juga membantu mengevaluasi ulang  jikobunseki saya dan memberi masukan-masukan lainnya dalam menghadapi wawancara. Entah apa jadinya jika saat itu saya tidak bertemu dengan mereka, mungkin saja saya masih harus melewatkan libur musim panas dengan shukatsu.
Pada akhirnya saya tidak melanjutkan proses seleksi di perusahaan klien mereka karena saya lebih memilih menerima tawaran dari perusahaan lain. Hal yang cukup saya sesali adalah saya mundur dari proses seleksi ketika masih di tahap rekomendasi dari recruiter (belum sampai tahap seleksi dari perusahaan). Pada saat itu saya berpikir bahwa lebih baik saya tidak mengambil jatah/kesempatan pelamar lain yang mungkin tertutup seandainya saya lolos seleksi ke tahap selanjutnya. Namun hal yang tidak saya sadari waktu itu adalah mungkin saja dengan mundurnya saya di tahap awal ini bisa membuat kepercayaan perusahaan klien terhadap recruiter tersebut berkurang. Oleh karena itu satu lagi saran dari saya adalah jangan mundur dari proses seleksi di tahap yang belum dilepas oleh recruiter ke perusaaan klien.
.
Beberapa situs shukatsu khusus mahasiswa asing yang lain misalnya :
Works Japan (http://www.global.worksjapan.co.jp/)
Bunnabi (http://bunnabi.jp/)
Jaboon (https://www.jaboon.com/)
dan lainnya. 
.
Di luar itu masih ada lagi situs-situs shukatsu lainnya (yang diperuntukkan untuk mahasiswa Jepang juga, bukan hanya untuk mahasiswa asing), yang jumlahnya sangat banyak. Beberapa “pemain besar”-nya bisa dilihat di halaman JASSO (http://www.jasso.go.jp/job/guide.html). Tidak perlu kita mendaftarkan diri di semua situs-situs tersebut, saya sendiri hanya mendaftarkan diri di Rikunabi (http://job.rikunabi.com/2015/), My Navi (http://job.mynavi.jp/2015/), dan Job Nikkei (https://job.nikkei.co.jp/2015/top/) saja. Tapi kalau saya sarankan Job Nikkei tidak perlu, cukup Rikunabi saja dimana tampaknya yang koneksinya paling lengkap, lumayan membantu dalam mengecek profil singkat perusahaan-perusahaan. Daftarlah di My Navi dan Job Nikkei hanya jika ingin mencoba menghadiri bursa lowongan kerja yang mereka buka (tampaknya pameran yang dikit Job Nikkei lebih sedikit). Di Rikunabi dan Job Nikkei sebenarnya tersedia bagian khusus untuk mahasiswa asing namun saya sendiri tidak terlalu memperoleh info lowongan yang menarik. Selain itu di situs-situs ini pun biasanya tersedia tips-tips shukatsu. Hal lainnya adalah terkadang ada pula perusahaan yang hanya membuka lowongan jika kita sudah mendaftar di satu situs shukatsu tertentu.
.
.
Jadi kalau boleh saya simpulkan sedikit, pada dasarnya para recruiter ini tugasnya adalah membantu perusahaan-perusahaan dalam merekrut calon pegawai baru. Mereka pro aktif dalam memberikan konsultasi dan bantuan lainnya karena semakin banyak calon pegawai yang mereka berikan pada perusahaan klien mereka semakin mereka dipercaya oleh perusahaan klien (dan mungkin semakin besar juga honor yang mereka peroleh). Walaupun tentunya keputusan terakhir direkrut atau tidaknya adalah tetap di tangan perusahaan klien, para recruiter ini dapat membantu merekomendasikan kita kepada perusahaan klien. Tergantung kerja sama si recruiter dengan perusahaan klien, dengan rekomendasi dari recruiter  kita dapat meloncati satu atau dua tahap seleksi awal. Bagi kita mahasiswa asing jalur seleksi seperti ini jelas lebih menguntungkan daripada jika kita melamar melalui jalur umum. Oleh karena itu “pergunakanlah” para recruiter ini sebaik-baiknya, janganlah segan-segan untuk menodong bantuan dari mereka, namun tetap jangan membuat mereka kebakaran jenggot haha.
.
Sekian postingan kali ini, pada kesempatan selanjutnya saya akan berbagi soal persiapan-persiapan apa saja yang harus kita lakukan dalam menghadapai shukatsu ini (dan juga ada beberapa hal yang harus saya perbaharui di postingan ini).

Comments»

1. Monika Oktora - November 25, 2013

Akhirnya ada postingan hahaha.. Aku prng coba via topcareer bimsbo

mbintanghp - December 3, 2013

iya nih mon,. mesti latihan nulis, yawes ngeblog haha


Leave a Reply

