jump to navigation

sulitnya menentukan posisi menteri November 10, 2008

Posted by mbintanghp in somethin' stupid.
trackback

ehm!!,,

sekarang mari kita membahas sulitnya menentukan posisi menteri..hehe

.

jadi gini :

gara-gara di hme banyak yang doyan catur, jadi inget sesuatu..

inget teka-teki matematika yang pernah saya baca di satu buku..

ni teka-teki make papan catur..

hmmm pasti pernah tau dong teka-teki macem :

4 kuda

‘gerakkan keempat kuda sehingga posisi kuda putih dan kuda hitam bertukar’

ga susah, tinggal coba2..

.

.

ato teka-teki ini :

gerakkan satu kuda

‘gerakkan satu buah kuda agar dapat melangkahi setiap kotak pada papan catur 8×8 tepat satu kali?’

ini baru g gampang.. sy juga males nyobanya.. mesti telaten bgt >.<
.
.
.
.
.
nah!!,,

tp ada satu teka-teki yang saya inget banget, soalnya sy nemuin jawabannya rada g sengaja,,haha,,

teka-tekinya make seluruh kotak papan catur, 8×8,,

gimana teka-tekinya?

nih :

teka-teki 5 menteri

“gimana caranya menguasai seluruh papan catur dengan 5 buah menteri?”

~jadi, semua kotak pada papan catur mesti terjaga..

mungkin bagi yang bingung, contohnya gini : kl kita ingin menguasai semua kotak papan catur dengan benteng, berarti kita mesti pake 8 benteng, masing-masing benteng ngejaga 1 jalur…

gituu,,kita mesti atur penempatan tu 5 menteri sedemikian rupa biar semua kotak kejaga,,

oiya kemungkinan jawabannya lebih dari satu,, waktu saya ceritain ni teka-teki ke bapak saya, beliau nyoba ngulik.. dan ternyata jawabannya beda dengan jawaban saya (sayang saya lupa gimana jawabannya x_x)
.
.
.
interested?

silakan bagi yang ingin ngulik, saya simpen jawaban saya di sini

^^
.
.
.
.
nah.. gimana?? susah kan nentuin posisi menteri?? =p

Comments»

1. Ilma-maiL - November 10, 2008

Hmm,,tekateki pertama kebayang..

Yang laen..mbingungi..
Kekekekekekek..

Kapan2 dah dicoba..
kalo lagi selo..
(kapan yak anak TI selo..??aaarrrggghhh…!!!!)

2. Andri Haryono - November 10, 2008

kalo soal pertama sih gampang, jalan aja kuda putih nya ke samping dulu baru tukarang dengan yang item..pokoknya bisa lah kayaknya (sok yakin gitu,hahaha)

kalo soal no 2 sama dengan soal di blog ak, bedanya yang di blog aku 4 x 8, caranya sama..

kalo soal no 3 tu pake jurus yang diajarin pas madis pak nana mulyana..
aku lupa namanya
tapi kalo oprek2 dikit insya allah bisa..

(dengan mantap menjawab bisa padahal belum tentu)
hahaha
sotoi amat ya aku..

3. fuadfajri - November 10, 2008

sugan teh menteri hme..
<_<
hahahaahah

4. ashr - November 10, 2008

gampang tang..

posisi menterinya..
a6, b7, c8, g1, h2

5. diptyaa - November 10, 2008

Hahaha
Pas ptama baca kirain menteri apa gtu,,
Tawny catur,,
Ktipu,,>.<,,
Hehee,,

6. machandra - November 10, 2008

eh iya bener yang nomer 3 solusinya ga unik..

ketemunya kaya gini soalnya:
a8, b2, c7, g1, h3

eh bener ga ya? masi ragu2 euy..

7. ikhsanputra - November 11, 2008

ada yang mau jadi menteri tang?
:p

8. meongijo - November 14, 2008

kenapa kucing kerajaan ga jadi pion catur sihh?

9. yudhap88 - November 14, 2008

ehm juga..!!
emang yang namanya menentukan posisi beberapa menteri untuk menguasai seluruh papan catur sangat sulit, apalagi mentrinya berasal dari warna yang berbeda. ada yang warna 1a,1b,2a,2b,2c,2d,3,4,dsb….susah bet….haha…Bisa saling berlawanan nantinya, bahkan bisa mati dari papan catur yang sedang berlangsung…hehe…

tambah lagi kalao mentri-nya bukan 4, tapi 5 ??? nah lo??!!! ups…haha..

10. bintang - November 22, 2008

@ mail : udah dicoba lagi?

@ andri : buset pake jurus matdis,, bukannya tambah bingung yak? x_x

@ putat : jgn terburu-buru,,hehe

@ ashr : sok mangga

@ diptya : kena deh

@ mac : hoo kynya sih betul kok

@ sigma : yaudah sekjen aja deh.. lho kok

@ laras : boleh tuh, ntar gerak cuma satu : mundur

@ yudha : apalagi kl bentuk menterinya beda-beda ya thoo? ups juga

11. ..Quchie.. - November 22, 2008

bingung.. ga ngertii..

12. lancihp - December 3, 2008

mau diselesaikan pake algoritma apa dulu tang?

13. bintang - December 6, 2008

@ uci : coba lagi..hehe

@ obbie : yang lo sanggup deh =p

habib - November 15, 2010

bener nggak jwbn q, by habib

14. habib - October 27, 2010

aku tau posisi mentri g1, h2, a6, b7, c8

15. martha - April 5, 2011

mas bro teka teki yg ke 3,, klo mentri ny 5 dkit.. Cb dgn 9 mentri.. Mudah jg kog,,

16. anto - June 26, 2013

bagaimana menentukan posisi menteri kalo menteri nya 8 buah, tanpa saling berkenaan satu sama lain???

17. majong - January 14, 2015

You ought to take part in a contest for one of the greatest sites on the net.
I am going to recommend this website!

18. SamuesKig - December 30, 2015

Анализа безопасности jadernaja-jenergetika.ru


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: