jump to navigation

O-eS-eN Pe-Te-I November 4, 2008

Posted by mbintanghp in study.
trackback

ehm!!,,

teman-teman sekalian..hari ini adalah tanggal 4 november,,

hari yang sangat-sangat bersejarah..

kalian tau kenapa…??
.
.
.
.
ya, benar,,
.
.
.
.
.
.
karena berarti kemaren tu tanggal 3 november..!!
.
.
.

(YA EYA LAAAAAAAHHH!!)

.
.
.
.
.
emangnya kenapadenga tanggal 3 november??

.

nah!,
kemaren tu ada seleksi pertama OSN PTI..

paan tuh?

yup, olimpiade sains nasional perguruan tinggi seluruh indonesia..

(lha kok ada kata ‘seluruh’-nya? ra ngerti, di situsnya dah kek gitu.. liat aja di situsnya..hehe )

hmmmm, osn pti yang pertama nih,,

sebenernya pengen nyoba juga, ikutan yang fisika,, sejak ngeliat pengumumannya sebelum lebaran kemaren,,

ngeliat pendaftaran terakhir tu tanggal 31 oktober, sy masih nyante2 aja,,

nah, pas abis lebaran, buka-buka situsnya lagi.. oh ada silabus nya ternyata, bareng ma silabus yang laen,, saya baca, dan ternyata ‘WOW’ juga :

SILABUS OSNPTI 2008 BIDANG MATEMATIKA
1. Kombinatorial
2. Teori Bilangan
3. Kalkulus
4. Matematika Diskrit
5. Riset Operasional
6. Persamaan Diferensial Biasa

SILABUS OSNPTI 2008 BIDANG FISIKA
1. Mekanika Klasik
2. Mekanika Kuantum
3. Elektrodinamika
4. Termodinamika
5. Fisika Modern

SILABUS OSNPTI 2008 BIDANG KIMIA Kimia Anorganik
1. Kimia Fisik
2. Kimia Organik
3. Biokimia
4. Kimia Analisis
5. Komplek
6. Kimia Teori
7. Metode Instrumen Penetapan Struktur

hmmm.. tampak berat.. tapi masih pengen..
.
.
.
.
.

liat-liat lagi, ada silabus versi lengkapnya.. saya baca, dan buset!!,,

ternyata

lebih WOW…!!!

1. MEKANIKA KLASIK
* Formalisme Newton, Langrange, Hamilton
* Osilasi
* Gerak gaya sentral
* Gerak dalam kerangka non-inersia
* Dinamika sistem partikel
* Dinamika benda tegar
* Dinamika fluida

2. MEKANIKA KUANTUM
* Probabilitas dan persamaan Schroedinger
* Potensial satu dimensi
* Osilator Harmnis sederhana
* Momentum angular
* Atom hidrogen
* Teori Perturbasi
* Sistem banyak partikel
* Teori hamburan

3. ELEKTRODINAMIKA
* Elektrostatis
* Magnetostatis
* Persamaan Maxwell
* Persamaan Kontinuitas dan Teorama Poynting
* Gelombang elektromagnetik
* Radiasi multipol
* Relativitas khusus

4. TERMODINAMIKA
* Hukum termodinamika
* Prinsip entropi maksimum dan kriteria keseimbangan
* Transformasi Legendre dan potensial termodinamika
* Relasi termodinamika dan campuran
* Distribusi kanonik kecil, kanonik, dan kanonik besar
* Fungsi partisi
* Transisi fase

5. FISIKA MODERN
* Molekul dan spektroskopi
* Konduktor dan semikonduktor
* Superkonduktor dan kemagnetan
* Model nuklir
* Peluruhan dan reaksi nuklir
* Partikel elementer, astrofisika, dan kosmologi


~ walaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh……!! meni beurat kieu..?? mana saya tu paling males ama yang namanya termo…??

heuh.. jiper juga..tapi masih pengennnn.. ngerjain dikit-dikit mah bisa lah, kan biasanya juga ada satu nomer yang digampangin..hehe

eh, terus begitu ngeliat pengumuman lagi, ternyata seleksi pertamanya tu tangal 3 november!! tul, kemaren!!,

yuk, di saat 2 minggu yang penuh praktikum ama ujian (minggu ini ama minggu lalu)..

tanpa pikir panjang, langsung memantapkan hati..

TERPAKSA GA JADI DAFTAR…

[-(

heu heu,, padahal ini tu yang osn pti yang pertama, dan menurut perkiraan saya, yang daftar belum banyak..siapa tau??

(haha padahal sebelumnya ikut dua kali aja ga dapet-dapet =p)

.

.

.

hahahaha…oke dah, good luck buat anak ITB yang ikut..!!

Comments»

1. Ivan - November 4, 2008

Paling nggak dapet foto,kan? :-P

2. diptyaa - November 5, 2008

Huaa,,OSN,,mana tahan,,mana kuat!!hwehehehehe

3. Ixtad - November 6, 2008

Wewww, masih inget gitu sama bahannya? Kan udah lama meninggalkan mekanika sejak lewat TPB hahaha

BTW minta daftar anggota WS dong bos, buat ngerjain tugas WS wekeke

4. Ardianto - November 8, 2008

Saya juga sempet berminat ikut…
Tapi pas liat silabus…
Walah… yawdah bye bye… :P

5. bintang - November 9, 2008

@ ivan : [-(

@ diptya : hmmm,,jangan jiper dulu

@ adit : makanya, gambling mampus juga kl ikutan XD

mo daftar anggota WS? tanya2 aja langsung..hehe

@ ardianto : yawda lha ya.. bubye juga x_x

6. anbarsanti - November 9, 2008

kalo sy sih dari pertama denger namanya udah ga berminat ikut, kabin… =D

— belajar susah2 tapi ga bs diaplikasiin —


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: