jump to navigation

Konsep Diri : Memberikan Motivasi untuk Bertingkah Laku Baik dan Bermanfaat April 26, 2009

Posted by Muhamad Bintang Hadi Prayoga in insight.
Tags: , , , , , ,
trackback

ehm!!

P L Ohohoho,, saya sebagai panitia mentor kaderisasi STEI 2008 PLO (Profession and Leadership Orientation) kebagian mengolah materi konsep diri dan kebetulan saya kebagian tentang ‘ memberikan motivsi untuk bertingkah laku baik dan bermanfaat’,,

untuk sementara ini tulisan saya, lebih kurangnya mohon maaf.

~~~~~~~~~~~~~~~~~

<< logo taun lalu

~~~~~~~~~~~~~~~~~

.

.

.

kita sebagai mahasiswa, sudah jelas berbeda dengan ketika kita dulu sebagai siswa sd, smp, dan sma. ekspektasi orang pun sudah berbeda. kita sudah dianggap dewasa, atau paling tidak peralihan dari dari remaja menjadi dewasa. tentunya, harus ada peningkatan kualitas perilaku dalam kehidupan sehari-hari. sudah saatnya meredam perilaku yang tidak tepat dilakukan oleh seorang manusia dewasa dan mulai bertingkah laku layaknya manusia dewasa. jangan dianggap dewasa berarti tingkah laku kita menjadi kaku, formal, atau senantiasa serius. dewasa berarti kita mampu menempatkan diri kita dengan baik. ada saatnya serius, ada pula saatnya kita bercanda, ada saatnya kita marah (stroke) tegas.

bagaimana kita mampu menempatkan diri kita dengan baik?

kita harus terus mengasah kepekaan kita pada lingkungan, pada masyarakat, kerabat, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita. logis, karena kita hidup di dalam lingkungan. kecuali kalau kita memang berniat hidup di tengah-tengah hutan bersama para binatang.

mungkin terdengar sepele karena saya yakin ini sudah diajarkan sejak kita masih kecil, yaitu dimana kita harus tolong menolong dengan orang lain. kalau boleh diperluas, yaitu kita harus saling memberi manfaat dengan orang lain.

memberi manfaat secara langsung itu mudah dilakukan walaupun kerap kali sangat sulit diniatkan, seperti mengantarkan teman, meminjamkan barang, membantu mengerjakan tugas, dan sebagainya, hal-hal yang saya yakin sudah sangat sering kita lakukan.

yang tidak mudah adalah memberi manfaat secara tidak langsung, yaitu bagaimana kita bisa menginspirasi orang lain. menginspirasi karena kebaikan yang kita lakukan, karena tingkah laku kita, karena kegiatan kita sehari-hari.

disadari maupun tidak, tingkah polah dan perilaku kita itu diperhatikan oleh orang-orang di sekitar kita.

kalo saya boleh saya kutip dari blog temen :

Selalu jaga pemikiran, kata-kata ucapan, sikap dalam bertindak dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun. Karena kadang, sesuatu yang menurut kita sepele atau kecil banget dapat dianggap sesuatu yang besar dan menjadi pemicu orang lain dalam bertindak. Tanpa kita sadari, pasti ada yang memperhatikan kita dari atas ke bawah, luar dalam. Sekalinya kita salah, maka akan menjadi bumerang untuk diri kita sendiri.  Pokoknya, bener-bener dipelihara yang namanya BRAIN, BEAUTY, dan BEHAVIOUR

oleh karena itu, selalu jaga tingkah laku kita sebagai manusia dewasa, dan senantiasa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

~~~~

hmmm.. that’s it.

Comments»

1. a m y - April 26, 2009

amiinnn aja deh tang..
lapor kalo gw udah baca :D

2. bintang - April 28, 2009

@ ami : amyyynnn (loh kebalik)

3. Syafiq - July 16, 2009

absen juragan!

bintang - July 19, 2009

ampun gaaaan -_-

4. nita - September 30, 2009

bhasanya bagus jadinya bisa kepake buat kata2 di tugas seminar sdm

5. Dra.Efri Yenni - February 2, 2010

pemikiran anda sangat alami sekali sehingga siapapun yang membaca tulisan tersebut sangatlah mudah untuk memahami, buktinya saya sebagai seorang guru di smk yang jauh dari kota besar nama daerahnya tanjung ampalu-sijunjung (sumbar) dapat menjadikan tulisan ini sebagai bahan layanan dalam tugas saya sehari-hari di sekolah.

6. lindha - January 2, 2011

kata-kata nya bagus..
boleh buat ngasih am tmen-tmen…
heee

7. dzurriatil muhlisoh - April 25, 2011

enak di baca g’ neko2, Q ngopy ya ……. hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 860 other followers

%d bloggers like this: