jump to navigation

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 December 21, 2008

Posted by mbintanghp in daily.
trackback

ehm!!,,

tiba-tiba inget pas jaman SD dulu, waktu guru-guru masih suka ngasi tugas ngapalin sesuatu trus ntar dites satu-satu,,

salah satunya adalah :

NGAPALIN PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945…!!

wakakakkak!! dulu sih hapal,,

pas SMP tu rasanya masih lumayan hapal,

pas SMA dah mulai tinggal inget-inget dikit kayanya,

n pas kuliah, lupa kalo pernah hapal..!!

wekkekek.. jadi malu,,

mana dulu tu kan ngapalinnya bareng ama pasal-pasal laennya juga, pasal 27 ampe 33,,

heu heu,,
.
.
.
.
so, nih teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (edisi baru, boekan pake edjaan lama =p)

siapa tau masih ada yang pengen ngapalin? :D

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka,  bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan inikemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

~hmm,, tak boleh awak lupakan ini..

Comments»

1. hamka - December 21, 2008

haha.. dulu tiap senin malah dibacain pas upacara

esde gw dulu malah apal butir-butir pancasila yang bejibun. Sekarang pancasila aja mungkin udah lupa :D

2. yesalover - December 22, 2008

Yesalover´s Unique Softcase..Unique Softcase, Batik Softcase

btw, nice story…muuv gw numpang ngiklan…hehehe

3. meliza766hi - December 22, 2008

gyahahaha…. iya2 bener,,, sekarang dah lupa kalo dah pernah ngapalin itu,,, heheh :D

4. Lalala~ - December 23, 2008

Astaghfirullah. Masa’ lupa? x)

*padahal aku sendiri juga kadang-kadang aja ingetnya :P

FaishaL - August 12, 2009

id!hhH pd |pa’y,… k|o Q… skRNG |g¡ nGpaL¡n b¡Ngvnk eUNk…

satria mardi - January 20, 2010

bukan@ aku lupa tapi aku bukan jurusan itu ingat sech ingat tapi takut salah aja.

emang kamu bisa menghafalnya ya….

5. ikhsanputra - December 23, 2008

ck..ck..ck..
anak muda jaman sekarang..
hahahahahahaha…..

tu maksud tulisannya dimiringin apaan tang?

6. bintang - December 23, 2008

@ hamka : hah? apaan tuh? =p

@ wijen : wah ada yang ngiklan

@ meliza & lala : nah lho

@ sigma : jadi ya biar g boleh dilupakan :D

7. puty - December 25, 2008

bintanggg, ini putyyy :)

hahah, ga pernah hafal itu karena memang ga niat ngapalin, hehehe :D

8. bintang - December 25, 2008

@ puty : eh ada cakru..hehe

9. anbarsanti - December 26, 2008

merdeka, bersatu, berdaulat, adil, makmur? bohong.

dilupakan jg gakan dosa kok kabin, toh hanya skadar tulisan manusia kan.. fyi, ada doktrinasi-v dibalik tulisan itu. dalam rangka penjajahan pemikiran generasi muda (fakta, bukan suudzon)

–apatis =D

10. bintang - December 30, 2008

@ santi : ada referensi yang bisa dishare?

11. sora aneeh - January 20, 2009

waa thanks y.. bwad teks nyah..
terbantu banget.. soalnya ad tuugas ngapal dari guru yang kalo salah 1 uruup aja… enam puluh de tu nilaii…

tragis ya.. :(

12. penyyu - January 27, 2009

walah skrg 270109 aku dites UUD :p hhaa stres hanya apal ampe alinea 3 .

13. bintang - January 31, 2009

@ sora aneh : wew,, sekolahnya di mana nih bos?

@ penyyu : so, gimana tesnya nih? :D

14. penyyu - February 17, 2009

tesnya berhasil walau dbntu ama gurunya . ahaha :p

15. bintang - February 20, 2009

@ penyyu : hohoho!!! senang postingan saya bisa berguna..wekekek.. met lamet yee

16. Pantesan.. « Meliza’s blog - May 17, 2009

[...] ama postingan bintang yg udah lama bgt.. pas SD tiap upacara dibacain Pembukaan UUD’45, udh hapallah, di tes ama [...]

17. eLLa - July 14, 2009

waduhh makasihh banget yakk,, dah tiga taunn tamat SMA udah lupa teks ini, padahal waktu zaman sekolah, selalu jadi petugas pembaca pembukaan UUD 45, hihihihi,, ternyata di kul dapat makul kewiraan,, jadi hrs ngapalin lageey dehh ,, hihi,, tengkss yyaaa

bintang - July 19, 2009

hohoho.. sama2 :D

18. Dessy - August 1, 2009

bantu aku kerjain pr

19. mama laurent - August 3, 2009

yoi.. bro..
yang bikin gw menarik adalah “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan inikemerdekaannya.”
kemerdekaan pemberian Allah SWT. kudunya Indonesia berterima kasih sama Allah SWT. gak cuma diPembukaannya doank.. tapi terapin tuch Syariatnya.. Ajip..kan i.Allah bakal Sejahtera sampe gak ada yang namanya orang Kelaparan… Agama lainpun terjaga, rakyat di Pelihara darah dan Kehormatannya… (mana ada sistem yang sekarang sampai menjaga darah dan kehormatan rakyatnya).. hehe

bintang - August 5, 2009

nais :)

20. isa - August 7, 2009

try me with pancasila, :P
masih suka lupa kadang2

21. Jek - August 11, 2009

Thanks Bro gw bsa ikutan lomba baca pemb uud 45 17 di kantor gw neh..

22. FaishaL - August 12, 2009

buUEner buANgetzZ tuhhH….sBEner’y Q gXX skA p|ajrN pkn,…tp¡ w|¡ kls Q nGjr PKN,….cPE dUuwEeH,…

23. Wisnu - August 12, 2009

Waw makasih ya
q diketawain gara2 gak apal nech ternyata ada disini
uud 1945

24. bintang - August 13, 2009

thanks all :D

25. o-CheRY~cHaN-o - August 13, 2009

walah”
aku ada tugas ini
unutnk ada yang nulis geneehhhh…..
kalau nda mampoes lah saia>.<

26. o-CheRY~cHaN-o - August 13, 2009

thx bwat yang dah nolis..^^
you’r my angel^^
ic ic ic X3

27. arin - August 18, 2009

hahaha…..
aq udah kls 3 smp tpiblum jg hafal pembukaan uud 45…
aduh….*berasa bodoh*

28. ~RiN^_CULLeN~Nyooo - August 20, 2009

Wei. . . .hahahaha
aq hmpir hfal neh. . .
Thanks bwt ka bintang . . .

29. Reynold - August 24, 2009

w juga hampir hafal

30. rizki - August 26, 2009

wahh…
untung ada yg nulis pembukaan UUD, soalnya ada tugas translete niehh
thx wat mr. bintangg

31. abHe - August 27, 2009

duhh gw nyari teks pmbukaan gk ada sial

32. albert - October 8, 2009

besok ujian harus hafal teks ini???!!!

33. Mr. Anjah - October 19, 2009

wahhhhhhhhhhhhhhhh…………. akhirnya dpt jga pembukaan UUD ’45. ma kacieh yaw………….

34. tabletablo - October 19, 2009

tx brow , hehe
hidup upacara !

35. Feri nusanto - October 25, 2009

Alhamdulillah ktemu jg tq mas ats teks uud 1945 kbetulan ntk hapalan lg dech..

36. Andri. . .A - November 1, 2009

gua jga setuju. . . . !! Nggk tw stuju apa? Yg pnting stuju!

37. 0--FanTAsy--0 - November 3, 2009

gw aja dah lupa UUD

38. Fifi - November 6, 2009

terima kasih kak Bintang for informationnya,,,..

39. muhammad firman - November 18, 2009

kPd yG lUpa Hrep diapalin NtaR paK guru MaRah lg

40. dik - November 21, 2009

nuhun ah… jd kabantu!!!

41. buthaina ghazi - December 1, 2009

ha setengah aja w ga afal apa lg semua

42. masgar - December 20, 2009

klo msalah apal atw g…… tu bukan msalah bg q… yg pntg Indonesia sudah merdeka……………

43. andre fristian - December 29, 2009

tolong cari tugas tentang pendidikan pancasila yang berhubunggan dengan agama islam soalnya aq butuh banget

44. Irene - January 9, 2010

Wew berguna nehh kebetulan aku tugas upacara yang jadi baca uud.bisa latian baca neee>.<

45. Wahyu Hananto Pribadi - January 17, 2010

seharusnya semua warga negara hafal sekaligus memahami.. karena merupakan rambu dan aturan sebagai WNI yang sah.. Bagaimana kita menjadi warga yang baik kalau falsafah negara dan aturan mainnya gak ngerti…

46. satria mardi - January 20, 2010

makasih pendapatnya

47. Zein - January 25, 2010

Waaahh sebelummny salam kenal yaa .
Ak zein .
Makasi yaa ka atas teks.a .
Zein pny tgas bwt ngeMAKNAIN konstitusi NKRI !
Hahaaha
jd kbantu nih .

48. Jihan - January 31, 2010

Bsk gw jde pembc pembkaan pas upcr!
Doaen spaya skses!

49. Ovan - February 2, 2010

Gw seeh Lupa-Lupa Ingat , kya Lgu Kuburan , hkhkhk

50. Arsya aulia c~luversrayready - March 2, 2010

Heheh…..
gww jgaa dah agak agak lupa sich
setengah doank gww hplna…
~!@#$%^&*( )

51. aditya nuramalia oktavianus - March 4, 2010

waduh thanks bgt deh. butuh banget nih buat hafalan PKN. my life saver hahahha

52. Love ~bear ~to~~ MITA - March 8, 2010

humzz… tkz yaaa,, bwt ngapalin klaw jd ptugas UUD n’ lmba pbaca UUD

53. -Adit Metalcore- - March 12, 2010

wahhh… ckrg lgi prlu bngd nihh !!!!
Al nya UKM B.indonesia adlh ..
mnerangkan d dpan kelass..tnpa bntuan tekss !!!

memang mdah sihh tpi prlu d bgusin lgi cara bacanya !!
……

Guyyss…do`a in gw ya biar lulus SMP !!

Adit state : jambi,muara jambi !! sengeti..city !!

54. A'Met - May 12, 2010

Wajib di hafalin tuch….Dari pada di cap orang tidak punya Nasionalisme….Jangan kayak saya, gara-gara lupa, saya di cap bukan orang Indonesia…Padahal, yg ngecap saya belum terbukti hafal jg..

55. candra - May 26, 2010

kami tak bisa menghapal uud 1945,tpi sedikit banyk bisa di ingat

56. susie - June 30, 2010

Alhamdulillah sampai sekarang masih hapal Pembukaan UUD 1945

57. Reza - August 8, 2010

Mkasih atas teks nya

58. Reza - August 8, 2010

Aku sampai skrang insya allah hafal klu masih ada niat aq mau hafal in Al Qur’an insya allah

59. Angie Guwang - August 14, 2010

thanks bro, anda sudah bantu saya. beberapa hari ini saya lagi cari teks UUD 1945 untuk upacara 17-an nanti.makasih banyak, ya usah posting UUD ini

60. faza elva - August 18, 2010

uidih saya mahk dah hpl stengah lgee tp lancarin lge jja ahk biarrrrrrrr…….
lancarrrrrrr
githu…….
ahhahhahha
ga penting…
hhhheeeee…

61. FITRIANSYAH - August 22, 2010

aku lupa juga

62. Selma - August 26, 2010

wihh .. jaman sekarang masih aja ada yg posting pembukaan UUD :D
hebat lahh ..

63. masda hanafiah - September 11, 2010

duh pas sd kaya nya afal deh kok pas smp lupa berat ya .
mlh harus di setor sama guru pkn senin depan lagi mati deh gw

64. harry p. 085248659187 - September 29, 2010

thanks teksnya. soalnya q lg ngajar bahasa indonesia. dan anehnya stiap buku b.indonesia d t4 sy ngajar pasti ada aja yg beda kata-katanya. terutama yg di teks perangkat upacara. mklum lah sy jd guru di desa daerah kalteng.

65. niMiimm - October 10, 2010

sankyu.. teksny.. aku lagi disuruh nyariik teks inni.. jadi gga perlu repot-repot nyarikk.. di laenny.. hehehe..

66. kasih - October 16, 2010

anak -anak WB,ayo hapalin UUD walaupn gk prnh upacara.

67. rullah anak bone sulsel - October 16, 2010

anak indonesia hrus hfl

jeany - November 1, 2010

Gmn y9 m0 af@l klu anak Id0n3s1@ pd malezzzzz!!!!!!!!!
0H Y? SLM KNL?

Stevania - November 21, 2010

zlam

68. Apria - October 18, 2010

Hmm, ..sush jga yach ngpalinny.Apa lg alenia ke-4.

69. jeany - November 1, 2010

duch,z@man ckr9 bnyk yg g@mpang

70. jeany - November 1, 2010

G’ JD D3H BIK1N N@SK@H UUD 1945

71. Muhammad Basir Mahdi - November 9, 2010

Untung ajaa,,, qw mzi SMA
jdi mzi ingat dkit” gtU, :D

72. siska - November 11, 2010

gapalin nya banyak banget yaaaaa……….pusing dech aq

73. akeew - November 14, 2010

makasih, berkat ini bisa ngafalin. dasar guru pkn gw nggak ada kerjaan banget suruh ngafalin kayak gini.

eva - November 21, 2010

hem
low qu huafl bngtz……….

74. Stevania - November 21, 2010

duch?
ke cka’an qu ne?
uud

75. bintang - November 22, 2010

wew,,aq og bisa lupa ya,,,wkwkwk,,,elek beut

76. spa ajah deh yang penting kw senang - December 1, 2010

hahahha……

kok bisa gak apal sichh……..
ko aQ gi ngapal nihhh………
doain yach supaya z bsa apal gi….!!!!!!!!!

77. viina - January 12, 2011

Haduh minggu depan d test ,belum hafal amppe alinea k 4 ..
. hhuhh :(

78. Yoso - March 22, 2011

Thanks banget ya teks UUD-nya. Keluar lho waktu tes CPNS………. ayo hapalan!!

79. Suka Anda - March 30, 2011

jika anda disuruh hapal ini

anda harus bertanya kembali pada guru anda

“emang bapak/ibu sendiri bisa ga??”

hehehehe tapi MANTAB dah teks UUD nya !!

80. dwi girl - April 10, 2011

HuuUU :*
g’Mna msih BIngung bCanya
cz LAen” NAda” na

81. Suci fitriani - April 13, 2011

Sussssssah banget ngapalin undang” susah apa g niat yaaaaa,,,,

82. Suci fitriani - April 13, 2011

Duh duh duh ……. Gimana kli gara” apalan uud 1945 ngantuk semalaman……nich mata dah mau pecahhhhhh……….

83. petra oliver skyes - April 26, 2011

susah banget tau ngapalin uudnya gimana ya ngapalinnya cape tau cape cape cape

84. wins oliver sykes - April 26, 2011

aaaddddduuuuhhh ,,, CapExx BnGtd Ue afAlienya . PuuuussssIINNggxxXxX …

85. Ar-rizal Wijaia Paksi - May 1, 2011

duh,,, jd ptugas upcara bag baca UUD lgih,,,
hrs d hfalin lgih,,

86. Ocy Rosydah Azima - July 23, 2011

Lumayan itu ,
inih di sruh ngafal’i pakek bhasa inggris ,tnpa teks .
susah kan!

87. tasya - August 25, 2011

cara ngafalinnya gimn ya ?? soalnya lg di hukum di suruh ngafalin

88. viky pratama - September 7, 2011

alhamdulilliah ada buat ngapalin

89. Agrove - September 12, 2011

Thx ka atas bantuannya, soalnya bsk disuruh maju kedepan ps pljrn b.indonesia, thx bgt ka.

90. dhe - September 13, 2011

alangkah lucunya (negeri ini)… teks pembukaan UUD-pun dikorup juga.. atas dasar kepentingan segelintir orang (dan kelompok)- katanya-. maka 7 kalimat penting justru disingkirkan…

91. yudi - September 17, 2011

waa lupa juga…padahal sering menghapal….
:)

92. Raymund Marshall - October 5, 2011

thanks atas undang2x ya!!!
soalx mau d kumpul minggu depan
klo gk bisa d marahin guru nih!

93. anisadina - October 25, 2011

makasi yah soalnya mau jadi petugas wkt SUMPAH PEMUDA

94. nadinnnafia - October 25, 2011

makasi yah soalnya mau jadi petugas wkt SUMPAH PEMUDA

95. hakim - November 1, 2011

kwkakakakakakakakak

96. rahman - November 1, 2011

panjang amat

97. tresna - November 20, 2011

waaah dulu ak bener2 apal malah kl jadi petugas upacara ak sok banget dihapal ga pake teks.. pasal2nya jg apal.. butirnya jg.. tp skrg ak jadi guru.. knp jadi pd lupa ya.. ahahahhaahhaha aku tugasin aj k anak murid buat ngapalain kayak dulu kt dipaksa ngapalin smw sm guru kita.. ahahahah tp anak skrg ga ky dulu… boro apal tau aja nggak pembukaan apaan.. susah ngajarnya k anak skrg.. knp ya..

98. adya - November 28, 2011

hhhahaha ahamduliah yeaa aku apalll ,, hhahaha pretttt

99. adya - November 28, 2011

gga apall suerr

100. Fransisca Romana (@gina_romana) - December 5, 2011

aku juga ga terlalu hafal…
padahal dituntut tuk hafal…wkwkwk…

101. andre - February 20, 2012

thanks ……..ats pembukaanya tu……..

102. pallevi_d,barca - March 2, 2012

hahaha
visca barca !!

103. MUHANIFA IKHWANTI - March 11, 2012

wkt lagi smp hafal, slkrang sma tinggal puing-puing.ya

makasih uda di post….

104. angel - April 4, 2012

wawwwwwwwwww thanks bgt ya sangat membantu

105. yulia - April 4, 2012

huft
kenapa harus ngapal lage si?

padahal kan dulu hapalll

hehheheheh

sekarang gax

106. ipun_k - May 29, 2012

klw bkan buat ujian,,
gw nggk kan ngapalin ni..
hiks..hiks..hiks
Terlalu .

107. wahyudigaul - June 5, 2012

makasih ya……..tuk media PKn

108. boncel oi - August 30, 2012

ternyata indonesia belum merdeka, karena di teks itu disebutkan ” mengantarkan rakyat indonesia ke depan pintu gerbang” jadi baru di pintu gerbangnya aja,,,

109. maynanty nanda utamy - September 30, 2012

SAYA DULU HAPAL…V SKRG PAS DI tes jdi gg hpl..jd mlu m anak sd

110. Resty ulfa - November 3, 2012

Hhmmmmm…….maih hafal doonkk…..!!!

111. farhan - November 6, 2012

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan inikemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

112. ***** - July 17, 2013

Thanks yaa…

113. Andi Muliati - August 28, 2013

Alhamdulillaah Trmksh Ya, sy Sngt trbantu sekali.

114. Melody - November 5, 2013

e wow

115. ani - April 27, 2014

Jangan dilupa

116. maulina - July 22, 2014

aq skak degh :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 860 other followers

%d bloggers like this: